Pendidikan Agama Katolik di St. Martinus

Setiap warga negara berusia 7 – 15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Di setiap tingkat satuan pendidikan, peserta didik berhak mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama. Dalam kurikulum 2013, pendidikan agama yang disiapkan terdiri dari pendidikan Agama Budha, Hindu, Islam, Katolik, Kristen, dan Konghucu.

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal pada tingkat dasar (SD dan SMP), dan tingkat menengah (SMA atau SMK) memiliki kewajiban untuk memenuhi ketentuan penyelenggaraan pendidikan agama terhadap semua peserta didik dalam sekolah tersebut.

Pada pelaksanaannya, setiap sekolah memiliki keterbatasan dan kendala yang beragam untuk memenuhi kewajiban itu. Ketersediaan tenaga pengajar, jumlah siswa yang terlalu sedikit, kepedulian penyelenggara pendidikan, keberagaman yang perlu disediakan, keterbatasan dana, visi dan misi lembaga pendidikan yang tertuju pada satu agama saja, dan banyak alasan lain. Akibatnya, siswa yang pendidikan agamanya tidak terlayani sesuai dengan peraturan, diserahkan kembali pada orang tua untuk dilakukan pendidikan agama pada tempat mereka beribadah.

Gereja Katolik Paroki St. Martinus, sejak lama telah menyelenggarakan Pendidikan Agama Katolik (PAK) untuk siswa yang bersekolah di Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta Umum yang tidak memberikan pelayanan PAK serta tidak mewajibkan siswanya mengikuti pendidikan agama yang tersedia di sekolah tersebut.

Melayani mulai kelas 1 – 12, oleh 12 orang tenaga pendidik, 2 orang di antaranya melayani di stasi Ciwidey, dikoordinasi oleh Bidang Pewartaan. PAK merupakan bagian pendidikan formal untuk memenuhi MataPelajaran Pendidikan Agama. Sesuai kurikulum dan peraturan yang berlaku.

Peserta didik PAK dari waktu ke waktu meningkat, karena meningkatnya kesadaran orang tua siswa, keterbukaan, kesadaran penyelenggara pendidikan di sekolah, dan informasi yang memberikan pengertian perlunya PAK. Dalam keterbatasan tenaga pendidik, dan masalah individual peserta didik yang beragam, usaha penyelenggaraan PAK terus berjalan.

Pengembangan fasilitas pendidikan yang lebih baik, tersedianya buku pelajaran dari Paroki yang dapat dipergunakan siswa, dan tersedianya ruang kelas agar kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman, memacu siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kegiatan gereja lainnya. Terlihat peningkatan peserta komuni pertama, peserta persiapan Krisma, bergabung dalam Misdinar dan OMK, yang berasal dari siswa PAK.

Masih banyak siswa Katolik dari St. Martinus yang di sekolahnya tidak mendapat PAK, belum terlayani karena berbagai alasan. Kami penyelenggara pendidikan juga tidak intensif menjaring mereka, hanya melayani mereka yang hadir di gereja.

Masalah lain yang belum tertangani adalah siswa yang beragama Katolik dan bersekolah di sekolah-sekolah Kristen Protestan. Siswa tersebut jarang mengikuti Misa atau kegiatan di lingkungan/gereja, orang tuanya pun tidak intensif mendorong mereka ke gereja. Tampaknya perlu pemikiran khusus untuk melayani mereka. (Alex/Sie PAK)

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.