Renungan 13 November 2016

Hari Minggu Biasa XXXIII
13 November 2016
Bce. Mal. 4:1-2a; Tes 3:7-12; Luk. 21:5-19

Pada hari Minggu ini, bacaan-bacaan Kitab Suci berbicara tentang “Hari Tuhan”. Gambaran yang ditampilkan, sungguh “mengerikan”. Dalam bacaan pertama (Mal.4 : 1 – 2a), digambarkan bahwa hari Tuhan itu datang, menyala seperti perapian. Pada saat itu, semua orang gegabah dan yang berbuat fasik, menjadi seperti jerami dan terbakar. Tetapi bagi mereka yang takut akan nama Tuhan, akan terbit surya kebenaran dengan kesembuhan pada sayapnya.

Mereka akan keluar dan berjingkrak-jingkrak seperti anak lembu yang lepas dari kandangnya. Mereka akan menginjak-injak orang-orang fasik, sebab mereka akan menjadi abu di bawah telapak kaki.

Lewat bacaan Injil (Luk.21:5–19), penginjil Lukas mengisahkan tentang permulaan penderitaan. Hari itu ditandai dengan munculnya nabi-nabi palsu yang mengakui diri sebagai utusan Allah, tetapi membawa kesesatan bagi banyak orang. Akan terjadi perang dan pemberontakan; bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Dan akan ada pula gempa bumi yang dahsyat, diberbagai tempat akan muncul penyakit sampar dan kelaparan. Sebelumnya akan muncul pula hal-hal yang mengejutkan serta tanda-tanda yang dahsyat dari langit. Itulah gambaran dari hari Tuhan. Kapan hari Tuhan itu datang? Tidak ada seorang pun yang tahu.

Yang paling penting bagi kita adalah bagaimana kita mempersiapkan diri. Caranya? Menata hidup kita, menata tingkah laku/perbuatan dan tutur kata kita, agar segala yang kita lakukan/perbuat, kita ucapkan, sungguh-sungguh berkenan kepada Allah. Dengan kata lain, menurut Yesus, jalanilah hidup kita sebagai saksi Kristus di dunia ini, agar ketika hari Tuhan itu datang, kita diperkenankan bergabung bersama Allah di Surga sebagai bagian dari warga Kerajaan-Nya. Amin. (Carlos/St.AloysiusGonzaga)

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.