Renungan Minggu 27 November 2016

Minggu Adven ke-1

BcE Yes. 2 : 1 – 3; Rm. 13 : 11 – 14a; Mat. 24 : 37 – 44

Minggu ini kita memasuki Minggu Adven yang pertama. Bacaan hari ini mengarahkan kita kepada suatu nasihat sekaligus peringatan agar kita selalu berjaga-jaga atau siap siaga. Ada dua ayat yang menganjurkan untuk berjaga-jaga. “Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang (Mat. 24 : 42)”; “Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga” (Mat. 24 : 44). Yesus mengingatkan kepada para murid agar selalu siap siaga dengan membandingkan situasi yang dialami manusia pada jaman Nuh. Nuh dan keluarganya adalah contoh manusia yang dalam hidupnya selalu siaga dengan hidup dekat dengan Tuhan sehingga terbebas dari bencana. Nuh bersama keluarganya berjaga-jaga dengan menunjukkan aktivitas yang positif. Sedangkan yang lain tidak berbuat demikian sehingga terkena air bah.

Berjaga-jaga atau siap siaga untuk menyambut kedatangan Tuhan bukan berarti berdiam diri dan pasif seperti orang meronda pada umumnya, kesannya hanya pindah tidur dan menunggu datangnya pagi. Berjaga dan siap siaga harus disertai dengan tindakan yang aktif dan positif, dan banyak berbuat kasih seperti dianjurkan dalam bacaan kedua. Paulus juga mengingatkan bahwa sudah waktunya untuk bangun dari tidur. Selanjutnya ia mengajak umat untuk meninggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan yaitu hidup dengan sopan, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati.

Semoga bacaan hari ini dapat memberikan inspirasi dan contoh apa yang harus kita lakukan dalam masa adven terutama untuk senantiasa bertobat. Mari kita berjaga-jaga sambil berbuat kasih.

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.