Keluarga yang Terbuka Pada Kehadiran Allah

Sebuah rahmat besar diperoleh umat St. Martinus ketika pada hari Rabu, 29 November 2017, 117 orang yang merupakan perwakilan ke-54 lingkungan (baca: hadir semua), tampak hadir memenuhi gedung BIA. Mereka mengikuti sosialisasi bahan pertemuan Adven yang diberikan oleh Bapak Endang.

Bertemakan, “Keluarga yang Terbuka Pada Kehadiran Allah,” hanya ada 3 bahan pertemuan untuk Adven 2017 ini. Pertemuan dibuka pada pukul 18.00 oleh Pak Dede dan sambutan dari Rm. Wahyu sebagai Romo Paroki.

Tema 1: Sukacita Atas Hidup Baru (Luk. 2: 1 – 20).

Di dalam Injil Luk. 2 : 1-20 dikisahkan tentang kelahiran Yesus Kristus. Kabar sukacita kelahiran Yesus dalam segala keterbatasan-Nya, diwartakan oleh Malaikat Tuhan kepada para Gembala. Sementara Maria menyimpan semua perkara ini dalam hatinya, karena Maria tahu setelah kelahiran Yesus Kristus, tugas perutusannya belumlah selesai.

Sudahkah kelahiran anggota baru dalam keluarga yang membuat sukacita, diimbangi dengan kehadiran Tuhan?

Tema 2: Tetap Setia dalam Tantangan (Mat. 2: 13 – 23)

Injil Mat. 2: 13 – 23 bercerita tentang Yusuf yang diperintahkan untuk membawa Anak serta ibunya lari ke Mesir dan menetap di sana. Pengungsian keluarga Kudus Nazareth ke Mesir, menjadikan Yesus senasib dengan tokoh Perjanjian Lama: Abraham yang mengungsi ke Mesir saat di negerinya terjadi bencana kelaparan. Yusuf yang akan dibunuh saudaranya akhirnya selamat karena dijual kepada saudagar yang membawanya ke Mesir dan juga Yakub yang hijrah ke Mesir.

Bagaimanakah mengatasi kesulitan dalam keluarga kita? Sudahkah kita meminta kehadiran Tuhan dalam mengatasi kesulitan dalam keluarga?

Tema 3: Mendidik dalam Kesalehan (Luk. 2: 41 – 52)

Injil Luk. 2: 41 – 52 bercerita tentang “hilangnya” Yesus dalam perjalanan pulang dari Bait Allah. Setelah tiga hari Yesus ditemukan di Bait Allah sedang bertanya jawab dengan ahli agama.

Yesus mengatakan kepada kedua orangtuanya, “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?” Maria tahu bahwa Yesus mempunyai relasi yang sangat dekat dengan Allah Bapa. Akhirnya Yusuf, Maria, dan Yesus pulang. Maria mendidik Yesus dalam asuhan religius, sehingga menjadi pribadi yang berhikmat.

Bagaimana cara-cara kesalehan itu dibangun dalam keluarga? Sudahkah orang tua memberikan teladan yang baik bagi anak-anaknya? Misalnya dalam hal memberi maaf?

Sesi pertama selesai sekitar pukul 19.15, peserta yang hadir kemudian makan malam bersama. Acara berlanjut ke sesi kedua berupa simulasi materi. Seluruh acara berakhir pada pukul 20.30.

Semoga dengan pertemuan masa Adven tahun 2017 ini, keluarga-keluarga semakin siap untuk menantikan kelahiran Sang Juru Selamat. (Agustinus Suhardi/Bid. Pewartaan)

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.