Damai Sejahtera Bagimu

Dalam buku Sejarah Agama Manusia (2018), dijabarkan betapa banyak agama yang pernah timbul-tenggelam sepanjang sejarah umat manusia selama 10.000 tahun terakhir. Sementara kita di Indonesia mengenal hanya agama-agama yang resmi diakui oleh Pemerintah saja yaitu: Hindhu, Budha, Kristen, Islam, Katholik, dan Konghucu. Masih ada banyak juga agama-agama asli di Nusantara yang tetap eksis dan diikuti dengan setia oleh para penganutnya.

Intinya adalah bahwa ada seperangkat sistem kepercayaan yang dianut oleh masing-masing agama baik yang amat sederhana maupun yang sudah menjadi sangat kompleks dengan berbagai aliran dan mashabnya. Semua orang juga sepakat bahwa, semua agama mengajarkan dan menyerukan kebaikan dan keselamatan dunia akherat, yaitu baik dunia sekarang maupun dunia sesudah mati.

Dengan finalitas (=tujuan akhir) yang kurang lebih sama, agama- agama hadir dalam rentang waktu yang berbeda-beda di tempat yang berbeda pula sampai kemudian akhirnya berjumpa satu dengan yang lain di berbagai belahan dunia. Sejak hadirnya negara-bangsa (abad 18), agama yang berbeda-beda hadir dan hidup bersama dalam salah satu atau banyak negara secara lebih kentara. Sebelumnya identitas negara adalah agama atau kesukuan.

Kehadiran-kehidupan bersama agama-agama ini tentu saja berpengaruh besar dalam dinamika kehidupan para pemeluknya. Masing- masing bisa merasa saling terancam, terbatasi, terbantu maupun terpacu berlomba-lomba dalam kebaikan. Pada masa terburuknya bahkan terjadi perseteruan dan perang hebat antar pemeluk agama (perang Salib antara Katholik dan Islam, perang saudara 30 di Eropa antara Katholik dan Protestan).

Di Indonesia kita ini sekarangpun kita mengalami perkembangan yang seringkali mencemaskan kalau mendengar atau melihat berbagai pertengkaran dalam masyarakat yang dengan mudah sekali cenderung dikaitkan dengan identitas agama. Dalam kerangka sejarah kita berbangsa dan bernegara memang masih dibutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk memberikan kesempatan kepada masing masing pihak untuk belajar mengenali diri dan identitasnya. Ibaratnya dalam rentang sejarah dunia bangsa Indonesia dan kita semua ini memang masih dalam taraf perkembangan masa kanak-kanak kalau mengingat bangsa kita belum sampai pada usia 100 tahun.

Kita memang sudah mempunyai PANCASILA sebagai Dasar bangunan negara yang disebut sebagai intisari dari semua ajaran agama- agama yang ada di Indonesia. Namun kita tahu betul juga bahwa, dibutuhkan waktu dan usaha yang jauh lebih lama untuk bersama-sama kita bisa melaksanakannya. Bahkan halnya akan menjadi berat kalau hanya beberapa pihak saja yang menjalankannya.

Pancasila untuk semua karena kita semua Pancasila, maka menjadi penting untuk mulai dari diri kita sendiri berusaha mengamalkannya. Dalam berbagai acara kenegaraan kita sering mendengar sapaan: “Assalammualaikum…, salam damai sejahtera untuk kita semua” dari para pembicara. Dalam Injil kita menemukan Yesus yang bangkit selalu menyapa para muridnya: “Damai sejahtera bagimu”! Apa bedanya? (kalau bukan apa yangsama?).

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.