Mari Berliturgi dan Melayani dari Hal Sederhana

Kalau kita mendengar kata pelayanan, biasanya yang terbayang adalah seseorang atau kelompok orang dalam komunitas yang akan mempersembahkan dirinya dalam rupa petugas liturgi yang memakai alba (menjadi pemazmur, lektor, misdinar, asisten imam/prodiakon) atau yang bertugas di gereja sebagai organis, dirigen, petugas tata laksana, petugas tata tertib, koor. Atau juga orang-orang yang terpilih sebagai pengurus lingkungan, pengurus wilayah, pengurus DPP, pengurus komunitas kategorial dan lainnya.

Menjadi pelayan bisa kita lakukan dari apapun latar belakang dan kondisi kita saat ini. Bahkan dari hal sederhana yang kita lakukan sebagai umat yang duduk di bangku umat saat misa, kita sudah bisa menjadi pelayan dan ambil bagian dalam liturgi.

Dengan kita tidak datang terlambat, memakai pakaian yang sopan, memakai aksesori yang tidak berlebihan, mematuhi himbauan petugas parkir yang mengarahkan kendaraan kita, berlaku sopan dan ramah kepada siapa saja yang kita temui, mematikan/memasang ponsel pada mode senyap sebelum memasuki gereja, tidak ngobrol selama misa, tidak memainkan ponsel saat misa, membiasakan anak-anak kita yang masih kecil untuk tidak makan dan minum di dalam gereja, membiasakan diri untuk menghormat ke arah tabernakel saat melintas di depannya, ikut bernyanyi dan mengucapkan doa dengan baik, sikap tubuh yang tidak asal-asalan saat duduk, berdiri dan berlutut, tidak mendahului pulang sesudah komuni, tidak mendahului pulang sampai mendapatkan berkat penutup, menunggu Romo masuk ke sankristi bsaat perarakan tugas liturgi sesuai misa, baru kemudian kita duduk/berlutut dan berdoa sebelum pulang.

Saat kita bisa melakukan semua itu dan menjadikannya sebagai kebiasaan, sebenarnya secara tidak sadar kita sudah melayani dan menciptkan sebuah rangkaian liturgi ekaristi dengan baik.

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.