Praperadilan adalah suatu mekanisme yang dapat dipergunakan seorang tersangka atau terdakwa untuk menguji apakah sah atau tidak tindakan penangkapan dan/ atau penahanan yang telah dilakukan oleh penyidik, berdasarkan Pasal 77 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUAP), Pengadilan Negeri berwenang untuk memeriksa dan memutus, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang tentang :

  • Sah atau tidaknya Penetapan penangkapan, penahanan, penggeladahan, penyitaan, pemeriksaan surat, penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan;
  • Ganti kerugian dan/ atau rehabilitasi bagi seorang yang perkara pidananya dihentikan pada tingkat penyidikan atau penuntutan. Sedangkan berdasarkan Pasal 95 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP), mengatur Tersangka, terdakwa atau terpidana berhak menuntut ganti kerugian karena ditangkap, ditahan, dituntut dan diadili atau dikenakan tindakan lain, tanpa alsan yang berdasarkan undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang ditetapkan. Kemudian berdasarkan point 6 (enam) Petitum Putusan Mahkamah Konstitusi

No. 21/ PUU-XII/2014, t ert anggal 28 April 2015, menyat akan sebagai berikut :” Menyatakan Pasal 77 huruf a Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 bertentangan dengan UUD 1945 secara bersyarat (conditionally unconstitutional) yaitu inkonstitusional secara bersyarat sepanjang tidak ditambahkan rumusan normanya, sehingga menjadi berbunyi :“ Pengadilan negeri berwenang untuk memeriksa dan memutus, sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam undang-undang ini tentang : Sah atau tidaknya penetapan tersangka, penangkapan, penahanan, penggeladahan, penyitaan, pemeriksaan surat, penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan. Ganti kerugian menurut KUHAP adalah hak seseorang untuk mendapat pemenuhan atas tuntutannya yang berupa imbalan sejumlah uang karena ditangkap, ditahan, dituntut ataupun diadili tanpa alasan yang berdasarkan undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan menurut cara yang diatur dalam KUHAP. Tuntutan ganti kerugian yang perkaranya tidak diajukan ke pengadilan negeri, hanya sampai pada tingkat penyidikan atau tingkat penuntutan saja, maka tuntutan ganti kerugian ini diajukan dan diputus disidang praperadilan. Tetapi apabila perkara yang menyebabkan kerugian ini diajukan sampai pada tingkat peradilan (diperiksa oleh pengadilan), maka tuntutan ganti kerugian harus diajukan kepada Pengadilan Negeri.

Menurut KUHAP rehabilitasi adalah hak seseorang unt uk mendapat pemulihan haknya dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya yang diberikan pada tingkat penyidikan, penuntutan atau peradilan karena ditangkap, ditahan, dituntut ataupun diadili tanpa alasan yang berdasarkan undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya at au hukum yang dit erapkan menurut cara yang diatur dalam KUHAP.

Demikian ruang konsultasi hukum dan/ atau tulisan ini yang dapat kami sampaikan, maaf kami tidak dapat menyampaikannya secara detail, karena terbatasnya ruang, semoga bermanfaat.

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.