Bertobat, Menyongsong Kedatangan Tuhan

Hari Minggu Adven 2 (Minggu, 8 Desember 2019)

BcE Yes 11: 1-10; Rm 15:4-9; Mat 3:1-12

Salah satu makna dan pesan yang mau disampaikan dalam masa adven adalah bahwa kita diajak untuk senantiasa berjaga-jaga menyambut kedatangan Tuhan. Dengan kata lain, melalui masa adven Gereja mau mengingatkan dan sekaligus memotivasi kita untuk selalu membuka hati akan kehadiran Tuhan yang setiap saat mau menyertai perjalanan hidup kita.

Gereja yakin bahwa apabila Tuhan hadir dalam kehidupan kita, maka kita akan dipenuhi dengan sukacita yang melimpah. Keyakinan Gereja akan hal ini tentu berdasarkan pada sabda Tuhan sendiri. Diantaranya yang pada hari ini diwartakan oleh nabi Yesaya, bahwa Ia yang akan datang itu, akan bertindak sebagai hakim yang adil. Ia akan mendamaikan semua makhluk, sehingga semua hidup dalam persaudaraan yang menentramkan (bdk. Yes 11: 1-10). Sabda Tuhan itu mendasari keyakinan Gereja, “Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.” (Rm 15:4)

Menurut Santo Yohanes Pembaptis, cara yang tepat untuk membuka hati, agar dapat menyambut kedatangan Tuhan adalah dengan melakukan pertobatan. “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!” (Mat 3:2). Pertobatan itu bisa dilakukan dengan mengaku dosa (bdk. Mat 3:6). Tetapi itu bukan satu-satunya cara; kepada orang Farisi dan orang Saduki, Santo Yohanes Pembaptis menyerukan agar mereka; “Menghasilkan buah yang sesuai dengan pertobatan.” (Mat 3:8). Maksudnya pertobatan itu tidak hanya dilakukan secara ritual saja, melainkan harus sampai pada perbuatan konkrit, yang melahirkan perubahan pola hidup yang baru.

Makna yang lebih dalam dari bertobat, bukan hanya dilakukan karena telah berbuat dosa, melainkan suatu sikap hidup yang selalu terarah pada kehendak dan rencana Tuhan. Maka ukurannya untuk pertobatan bukan hanya karena telah melakukan perbuatan yang mendatangkan dosa, tetapi sikap hidup yang senantiasa merindukan kehadiran Allah. Artinya kendatipun kita tidak melakukan perbuatan dosa, hidup kita senantiasa diarahkan kepada Tuhan, selalu bersikap menyongsong kehadiran Tuhan. Karena kita yakin kehadiran Tuhan itu mendatangkan sukacita. Hidup bersama Tuhan itu tujuan kita.

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.