Hari Minggu Prapaskah 1 (Minggu, 1 Maret 2020)
BcE Kej 2:7-9; 3:1-7; Rm 5:12-19; Mat 4:1-11

Pada hari Minggu Prapaskah Pertama ini, kembali kita diingatkan bahwa dalam menjalani kehidupan di dunia ini kerapkali kita berhadapan dengan berbagai macam godaan. Hal itu di gambarkan dalam bacaan pertama; manusia pertama digoda oleh ular dan dalam bacaan Injil, Yesus di goda oleh iblis/

Dalam bacaan pertama dikisahkan bahwa manusia pertama tahu bawha ia dilarang oleh Allah makan buah dari pohon yang ada di tengah-tengah taman (bdk. Kej 3:3). Namun ketika dibujuk oleh iblis, bahwa apabila manusia memakan buah yang dilarang Allah, ia akan seperti Allah (bdk. Kej 3:5). Terdorong oleh keinginan untuk menjadi seperti Allah, itu adalah kesombongan yang lahir dari sikap egois manusia. Maka dari pengalaman manusia pertama yang jatuh ke dalam dosa, kita dapat memahami, bahwa sumber dari segala dosa adalah sikap egois. Sikap mengumbar dan mengejar kepuasan diri, tanpa menghiraukan larangan, rencana dan kehendak Allah.

Dalam menjalani tugas perutusan-Nya, Yesus pun menghadapi berbagai macam godaan. Bacaan Injil hari ini mengisahkan Yesus di goda oleh iblis. Ada tiga macam godaan, namun Yesus sangat berbeda dengan manusia pertama; Ia mampu melawan dan mengalahkan semua godaan itu. Kekuatan Yesus sehingga Ia mampu mengalahkan godaan iblis adalah ketaatan-Nya kepada AllahBapa yang mengutus-Nya. Itu dapat kita ketahui dari setiap jawaban Yesus terhadap bujukan iblis, Ia melawan dengan menegaskan bahwa manusia harus mengarahkan seluruh hidupnya hanya kepada Allah, bukan kepada hal-hal lain (bdk. Mat 4:4,7,10). Ketaatan Yesus kepada Allah Bapa, sekaligus mengungkapkan kerendahan hati-Nya.

Dari pengalaman Yesus ini kita dapat belajar, bahwa senjata untuk melawan setiap godaan yang menyesatkan adalah tiada lain sikap rendah hati, kesetiaan dan ketaatan pada rencana dan kehendak Allah.

Baptisan:
Baptisan balita diadakan per 2 minggu sekali, baptisan dewasa per 1 tahun sekali.

Formulir dapat diunduh melalui tautan berikut:


Pernikahan:

Sakramen pernikahan dapat diadakan pada hari Sabtu atau Minggu. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Perminyakan:
Sakramen perminyakan sesuai dengan janji. Hubungi sekretariat di tautan berikut untuk informasi lebih lanjut.

Data Wilayah

Baru pindah rumah dan tidak tahu masuk ke wilayah mana dan harus menghubungi siapa?

Jangan panik! Mang Umar ada solusinya! Silahkan kamu cek link ini untuk mencari data wilayah di paroki St. Martinus

Jadwal Pelayanan Sekretariat

Senin, Rabu, Kamis, Jumat: 07.30 – 12.00 & 16.40 – 19.00
Selasa, Sabtu: 07.30 – 12.00
Hari Minggu dan hari libur tutup

Alamat Sekretariat
Komplek Kopo Permai Blok H No. 4
Telp. 022-540-4263
Whatsapp +62 822-6055-3066

Jadwal Misa

Misa Harian
Senin – Sabtu di gereja pukul 06.00. Misa di Pastoran sementara waktu ditiadakan.

Minggu:
• 06.00
• 08.00
• 10.00

Sabtu:
• 18.00

COPYRIGHT © 2015 BERGEMA BY TIM KOMSOS ST. MARTINUS.